Karawang, KompasOtomotif – Dengan peresmian Pusat Penelitian dan Pengembangan di Karawang, Jawa Barat, hari ini (22/4/2013), Daihatsu Indonesia bertekad bisa mandiri dalam mengembangkan produk baru. Fasilitas ini akan membuat PT Astra Daihatsu Motor (ADM) langsung bisa melakukan ubahan minor (facelift) sampai mayor (major change), tanpa harus ke Jepang.

Sudirman Maman Rusdi, Presiden Direktur ADM mengatakan, saat ini perusahaan tengah mengirim sejumlah karyawan terbaik untuk melakukan pelatihan kerja dalam bidang Penelitian dan Pengembangan. “Kami harap dengan adanya fasilitas ini, mulai 2016 model-model facelift sudah bisa dikerjakan di sini. Selanjutnya major change bisa mulai berlangsung 2019,” beber Sudirman di Karawang Assembly Plant Daihatsu Indonesia, Karawang, Jawa Barat, hari ini (22/4/2013).

Peresmian pusat R&D, jelasnya, menjadikan Daihatsu satu-satunya merek otomotif mulai melakukan alih teknologi dari Jepang. Koichi Ina, Presiden Direktur Daihatsu Motor Company memastikan kalau Indonesia menjadi negara paling penting bagi Daihatsu di luar Jepang. “Kami terus menantikan untuk terus bisa berkontribusi untuk Indonesia,” jelas Ina.

Head Executive Research & Development Division ADM Pradipto Sugondo menambahkan, fungsi Pusat Penelitian dan Pengembangan Daihatsu lebih fokus untuk produk-produk dalam negeri. “Karakteristik pasar yang unik berbeda dengan Jepang, menjadikan R&D Daihatsu ini fokus menggarap produk-produk untuk pasar domestik, bukan impor,” beber Pradipto