Serpong, KompasOtomotif – Salah satu kegiatan rutin tahunan Daihatsu Indonesia, yang semakin menarik bagi bagi konsumen atau calon pembeli mobil (bekas dan baru) adalah yaitu Bursa Oto Seken (BOS). Untuk tahun ini, 2013, BOS dimulai di Mall Summarecon, Serpong, Tangerang, Banteng yang berlangsung cuma hari ini (24/02/2013).

BOS adalah program Astra Daihatsu Motor (ADM) memfasilitasi pelangganannya yang ingin melakukan jual-beli mobil bekas atau tukar-tambah dengan dukungan beberapa perusahaan di bawah Astra Group, yaitu PT Astra Inernational-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Astra Credit Companies (ACC), PT Asuransi Astra Buana (Garda Oto), PT Serasi Mitra Mobil (Mobil88) dan I-BID Balai Lelang Serasi.

Pada BOS pertama 2013 ini, Daihatsu menargetkan diikuti 200 peserta dan diharapkan terjadi 80 transaksi. Bahkan, ADM berharap, bisa memperoleh penjualan sekitar 60 unit mobil baru. Target diperkirakan tercapai karena saat konferensi pers pukul 11.00 WIB, telah terdaftar 160 peserta.

Lelang
Pada BOS ini, peserta atau pengunjung bisa membeli mobil secara tunai atau kredit dengan berbagai kemudahan plus mendapatkan nomor undian berhadiah dan voucher belanja. Contohnya, uang hasil penjualan mobil bekas bisa digunakan sebagai uang pangkal untuk membeli Daihatsu baru dengan program PUAAS. Pembeli akan diberi nomor undian dengan hadiah 1 kg emas atau juang tunai Rp 1 miliar, yang diundi setiap bulan.

Dijelaskan, BOS tidak hanya menguntungkan pembeli mobil seken, juga mereka yang akan menjual. “Kami membelinya dengan harga pantas,” jelas Hendrayadi Lastiyoso, Kepala Divisi Pemasaran, AI-DSO. Sedangkan bagi pembeli mobil bekas, kendaraan yang ditawarkan telah lolos uji kelayakan dari tim Mobil88.

Bos Daihatsu kali berbeda dengan sebelumnya. Panitia  menyediakan layanan transaksi  terintegrasi semua proses jual-beli dalam satu lokasi. Perserta bisa memilih menjual mobilnya melalu Mobil 88 atau dilelang melalu i-BID,” jelas Amerlia Tjandra, Direktur Pemasaran ADM.

Ditambahkan, tahun ini Daihatsu menyelenggarakan 6 kali BOS, termasuk di daerah. Setelah Jakarta (Serpong), menyusul Medan, Sumatera Utara pada April mendatang. Nantinya juga diselenggarakan di Surabaya, Bandung, bahkan Bekasi yangdirencanakan pada Desember 2013.