Jakarta, KompasOtomotif Daihatsu Indonesia berhasil mencatatkan rekor penjualan ritel tertinggi di Indonesia pada Mei 2012 dengan catatan 14.151 unit. Jumlah ini naik dari bulan sebelumnya (April) yang hanya 13.473 unit dan kalau dibandingkan bulan yang sama tahun lalu kenaikkannya mencapai 31 persen (dari 10.803 unit).

Maka, sepanjang Januari-Mei 2012, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sudah melego total 66.723 unit, naik 23,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu (53.854 unit). Dengan angka ini, Daihatsu masih kokoh di peringkat dua penjualan nasional, sekaligus menikmati 15,6 persen pangsa pasar. Melihat komposisi pada Mei, penopang penjualan masih disumbang oleh Xenia dengan 6.547 unit atau 46,3 persen kontribusi. Peringkat kedua, Gran Max 4.411 unit (31,2 persen), Terios 2.083 unit (14,7 persen), Luxio 605 unit (4,3 persen) dan Sirion 505 unit ((3,6 persen).

Sedangkan untuk wholesales Mei 2012, Daihatsu mencatatkan 13.112 unit, juga naik 25,4 persen dari bulan yang sama tahun sebelumnya (10.453 unit). ”Penjualan ritel pada Mei merupakan sebuah pencapaian tersendiri bagi Daihatsu ditengah ketatnya suasana pasar otomotif tahun ini. Pencapaian ini merupakan kerja keras semua lini penjualan,” kata Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran ADM dalam keterangan resmi yang diterima KompasOtomotif, Kamis (28/6/2012).