Jakarta, detikOto.com – Impian Presdir PT Astra Daihatsu Motor Sudirman MR untuk memiliki pusat riset pengembangan sendiri di Indonesia terpenuhi. Daihatsu pekan depan akan meresmikan pabrik perakitan sekaligus Research & Development Center Daihatsu.

Fasilitas ini akan diresmikan oleh Wakil Presiden Boediono di Karawang, Jawa Barat. Nantinya di fasilitas tersebut Daihatsu bisa memproduksi mobil dari awal. Mulai dari engineering, marketing sampai produksi.

Sebelumnya, untuk persiapan proses ini, Daihatsu mengirim beberapa insinyur untuk belajar ke Jepang.

“Kami ke depan punya visi untuk mengembangkan R&D (Riset dan pengembangan) di Indonesia. Sehingga Indonesia punya kebanggaan, ADM, Insya Allah akan melangkah ke sana,” ujar Sudirman beberapa waktu lalu.

Sudirman mengakui dalam desain produk, orang Jepang masih berperan sampai 80 persen, padahal mobil-mobil Daihatsu merupakan mobil yang sangat dedicated untuk pasar Indonesia.

“Jadi secara kemampuan ADM manufaktur kendaraan ini yang terbesar di Indonesia, kualitas dunia, produk hanya di Indonesia, bagaimana developmentnya, ya kita harus pikirkan R and D ini,” ujarnya.

Bagi Sudirman, tidak ada lagi yang bisa membuat dirinya bangga ketika pabrikan mobil di Indonesia sudah bisa membuat mobil dengan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) mencapai 100 persen. “Itu mimpi saya,” ujarnya.

Selama ini kegiatan riset dan pengembangan sebuah mobil masih dilakukan di negara asal merek mobil tersebut mulai dari desain hingga uji coba awal. Baru setelah mobil ini selesai didesain dan diuji coba, negara yang ingin menjualnya diajari cara merakit.

Ada kabar yang mengatakan kalau Daihatsu siap menggelontorkan dana hingga Rp 1 triliun untuk dana awal pembangunan pusat R&D tersebut.