Jakarta, detikOto.com  – Tidak disangka-sangka, Indonesia adalah tulang punggung penjualan Daihatsu di dunia. Indonesia adalah pasar terbesar yang dimiliki merek Daihatsu.

Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra memaparkan kalau ada dua negara yang memiliki pasar terbesar bagi Daihatsu yakni Malaysia dan Indonesia.

Hanya saja, di Malaysia, produk-produk Daihatsu dijual menggunakan merek lokal, Perodua, bukan dengan merek Daihatsu. Sementara di Indonesia, Daihatsu langsung menjual langsung dengan mereknya.

“Di dunia, Daihatsu sukses di beberapa negara. Di Malaysia jadi nomor satu, tapi bukan pakai merek Daihatsu, tapi Perodua. Di sana sekitar 15-16 ribu sebulan dengan sumbangan terbesar dari Sirion atau Myvi,” ujarnya di pabrik ADM, Sunter, Jakarta, Rabu (10/4/2013).

Namun bila ditanya dimana merek Daihatsu yang terbesar, maka Indonesia adalah jawabannya.

Selain masalah penjualan, Daihatsu di Indonesia pun ternyata juga memiliki pabrik di luar Jepang yang terbesar di dunia.

Dengan pabrik yang besar saja, Daihatsu menurut Amelia masih kesulitan untuk memenuhi kebutuhan domestik yang membuatnya mempersiapkan lahan besar di Karawang untuk membangun pabrik.

ADM tercatat sebagai penghasil kendaraan Daihatsu terbesar di luar Jepang. Mengalahkan Perodua di Malaysia dan Daihatsu Venezuela.