Jakarta Daihatsu Xenia yang dilengkapi dengan fitur keselamatan dual airbag. MPV Xenia plus airbag ini akan tersedia di diler Daihatsu mulai bulan depan.

Salah satu sumber detikOto di Daihatsu menjelaskan, fitur keselamatan pada MPV Xenia memenuhi peraturan standar keselamatan EuroNCAP atau European New Car Assessment Programme.

“Fitur keselamatan itu nantinya sudah sesuai NCAP,” jelas sumber detikOto di PT Astra Daihatsu Motor (AMD)  Rabu (24/4/2013).

Menurutnya Daihatsu akan melakukan yang terbaik dalam melindungi penumpang dan pengendara, kondisi ini sesuai tren mobil-mobil di dunia dengan fitur keselamatan yang canggih.

Dia menjelaskan sudah menjadi kewajiban Daihatsu untuk membuat rasa aman dan nyaman pada pengguna MPV Xenia lewat fitur keselamatan tersebut. Daihatsu pun mencoba mendahului pesaingnya dalam menghadirkan mobil MPV murah yang aman.

“Tren dunia sekarang sudah safety. NCAP belum kewajiban, tapi nantinya akan menjadi kewajiban. Kita mendahului, karena mobil kita itu original dari Indonesia. Beda dari mobil merek lain yang dari luar memang dari sananya sudah sesuai regulasi. Dan kita kali ini sesuai NCAP,” ucapnya.

Lantas mengapa sejumlah fitur keselamatan baru disematkan pada MPV Xenia? Daihatsu beralasan, semua mobil di dunia pasti mengalami perubahan. Dan Daihatsu Xenia sebagai pesaing Avanza, Ertiga, Spinlebih tengah mengalami perubahan untuk lebih kompetitif.

“Tidak terpikir kenapa baru sekarang. Ini karena harus sejalan dengan perubahan yang kita lakukan.” ucapnya.