Jakarta, detikOto.com  – Pasar Multi Purpose Vehicle (MPV) low end yang dalam beberapa tahun belakangan dikuasai duet Avanza-Xenia kini diusik dengan kehadiran beberapa kompetitornya. Selain Suzuki Ertiga yang penjualannya cukup fenomenal, kini ada Chevrolet Spin yang siap menggerus pasar dua produk Astra itu. Namun ternyata, Daihatsu tetap pede Xenia dapat terus laku.

Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra menjelaskan walau dikepung oleh para kompetitor, Daihatsu Xenia menurutnya masih memiliki banyak keunggulan dibanding lawan-lawannya.

“Saat ini, Xenia masih memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan kompetitor,” kata Amelia di Serpong, Minggu (24/2/2013).

“Bukan hanya diatas, karena kita juga melakukan survei di lapangan dan terus mempelajari hasilnya untuk perbaikan-perbaikan. Dari situ bisa kita simpulkan kalau kita masih nyaman dengan produk yang ada,” timpal Kepala Divisi Penjualan Domestik PT Astra Daihatsu Motor Rio Sanggau.

Seperti diketahui, zona nyaman duet maut Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang telah mereka nikmati bertahun-tahun kini mulai diusik oleh pabrikan-pabrikan lain yang tergiur dengan besarnya pasar MPV low end yang ada di Indonesia.

Berbagai lawan seperti Suzuki Ertiga dan Chevrolet Spin lahir untuk melawan kedigjayaan dua produk Astra tersebut.

Karena itulah untuk tahun ini, meski tidak merencanakan akan melahirkan model baru selain mobil murah Ayla, Daihatsu yakin pasar Xenia akan tetap stabil. Tahun ini Amelia memperkirakan bahwa Daihatsu akan mampu melepas 165 ribu mobil secara total, naik dari angka 163 ribu mobil di tahun lalu.