Jakarta, detikOto.com – Persaingan di pasar mobil Indonesia makin ketat ditengah pasar yang terus berkembang. Di bulan Maret, Daihatsu berhasil menjual 15.788 mobil di Indonesia dan Xenia masih menjadi tulang punggung mereka.

Secara total, pada bulan ketiga 2013, Daihatsu berhasil mencapai angka penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) sebesar 15.788 unit atau menguasai pasar sebesar 16,1% dari sekitar 97.811. Angka ini dikatakan Daihatsu meningkat sebesar 15% atau sebesar 2.113 unit jika dibandingkan dengan bulan Februari 2013.

Dan kontribusi terbesar masih disumbangkan oleh All New Xenia di kelas Low MPV sebesar 45,2% atau berhasil menyumbang 7,141 unit. Di bawah Xenia ada Gran Max yang bulan lalu terjual sebanyak 4,967 unit atau meyumbang 31,4% dari penjualan Daihatsu.

Sementara itu, di kelas SUV, Daihatsu Terios berhasil memberikan kontribusi sebesar 15,7% atau sebesar 2,486 unit. Di posisi keempat dan kelima ditempati oleh All New Sirion sebesar 4,1% atau 650 unit dan Luxio sebesar 3,4% atau 544 unit.

Sedangkan bila dilihat dari penjualan retail (dealer ke konsumen), di bulan Maret 2013 Daihatsu berhasil menguasai pasar sebesar 14,9% atau berhasil menjual 14,329 unit.

Angka ini meningkat sebesar 10% dibandingkan dengan bulan sebelumnya atau sebesar 1,288 unit. Sama seperti wholesales, All New Xenia penyumbang terbesar sebesar 43,3% atau 6,205 unit.

Di posisi kedua ditempati oleh Gran Max sebesar 4,805 unit atau 33,5% dari penjualan Daihatsu. Di kelas SUV, Terios berhasil membukukan angka 2,198 unit atau berkontribusi sebesar 15,3%. Sedangkan Sirion dan Luxio sama-sama berkontribusi masing-masing sebesar 4% dan 3,8% atau berhasil mebukukan angka penjualan 580 unit Sirion dan 541 unit Luxio.

Bila penjualan tiga bulan pertama di total, maka PT Astra Daihatsu Motor mengklaim kalau mereka berhasil mempertahankan posisi kedua pasar otomotif nasional dengan menguasai market share sekitar 14,2% atau berhasil membukukan angka total penjualan wholesales sebesar 42.197 unit.

Pencapaian ini menunjukkan tren yang positif jika dibandingkan dengan kwartal pertama di tahun sebelumnya yang berhasil mencapai angka penjualan wholesales sebesar 40,009 unit atau mengalami peningkatan sebesar 5,5%. Namun, bulan lalu Daihatsu sempat disalip oleh Suzuki yang merebut peringkat kedua.

“Pada kuartal pertama di tahun 2013 ini, Daihatsu berhasil menduduki peringkat kedua penjualan mobil nasional di tengah ketatnya persaingan. Kami optimis mampu mencapai target penjualan pada kwartal berikutnya dan tetap mempertahankan posisi kedua yang sejak 2009 diduduki oleh Daihatsu,” klaim Marketing Direktur PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra.