Jakarta, detikOto.com – Produsen mobil Daihatsu memperlihatkan sebuah mobil konsep bermodel Multi Purpose Vehicle (MPV) bernama UFC. Mobil ini diperkirakan banyak orang merupakan penerus dari Xenia. Mau tahu seperti apa spesifikasi dari penerus Xenia ini?

“Ide awalnya dari ADM (Astra Daihatsu Motor). Ini concept car, meski mengusung Ultra Fungsional Compact, tapi tampilannya nomor satu. Pertama asyik dulu dilihat mata,” kata Research and Development Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Isa Nova dalam sesi bedah desain Daihatsu UFC di booth Daihatsu di JI Expo Kemayoran, Jakarta Utara, Selasa (25/9/2012).

Menurutnya UFC hadir dengan 4 keutamaan. Pertama MPV 3 kursi, High Ground Clearance, Flexible Seat, dan Fuel Efficient.

Mobil ini dikatakan Daihatsu berawal dari niatan Daihatsu untuk mengedepankan produk spektakuler dengan desain serta performa yang dapat memenuhi unsur Hi-Tech.

Dengan bekal itu, maka terciptalah Ultra Functional Compact (UFC) Concept Car yang hadir mengisi booth Daihatsu, di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012.

Mobil konsep UFC, terlahir atas keinginan Daihatsu mempersembahkan sebuah mobil kompak dengan kapasitas ‘7-seater’ yang fungsionalis lengkap dengan aplikasi teknologi tinggi di dalamnya.

UFC yang tercipta dari NPC (New Passengger Car) yang dibuat lebih panjang dengan desain ekslusive untuk memenuhi selera serta karakter pasar Indonesia.

Salah satu yang menjadi daya tarik yaitu pintu sliding door tanpa pilar, yang mempermudah penumpangnya untuk keluar masuk mobil. Untuk kabin dalam, inovasi seat arranggement ultra flexible dengan remote, membuat pengaturan posisi jok menjadi lebih praktis, komposisi jok juga dapat memperluas ruang bagasi yang sudah didesain ekstra besar.

Kursi kedua tidak dilipat, tapi maju ke depan seperti memeluk belakang kursi depan. Menariknya UFC tidak menggunakan pilar B.

Sebagai penyokong unsur kenyamanan, satu unit In-Desk Console Monitor Tablet berukuran besar, dapat mensuplai ragam informasi fungsi dan fitur yang terdapat di UFC Concept Car.

Mobil kompak dengan dimensi eksterior 4,050 x 1,695 x 1,585 semakin terlihat gagah dengan ground clearence yang tinggi (190mm).

Soal performa, Daihatsu juga sudah memperhitungkannya dengan mengaplikasikan mesin Multi Purpose Vehicle 1.300cc 4 silinder DOHC, berpadu dengan teknologi water cooled.

“Kedepannya UFC bisa menjadi bintang mobil kompak kapasitas tujuh penumpang, jika mobil ini diproduksi massal,” ungkap Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra.

Mau tahu spesifikasi mobil konsep ini? Berikut datanya.

Ultra Functional Compact (UFC) Concept Car

Multi Purpose Vehicle
Dimensi (mm): 4.050 x 1.695 x 1.585
Wheel base(mm): 2.730
Ground Clearence (mm): 190
Panjang interior : 2.495 mm
Lebar interior : 1.445 mm
Engine Tech: Water Cooled, 4 cyl DOHC
Mesin (cc): 1.300 cc
Drive Lay Out: FF
Ban: 225/50R15