Jakarta,detikOto.com – Penjualan mobil (wholesales) Daihatsu sepanjang Januari hingga Desember 2012, mencapai 162.742 unit. Angka ini sudah cukup untuk melampaui target yang ditetapkan Daihatsu sebanyak 150.000 unit.

Itu berarti ada peningkatan 17 persen dibandingkan dengan penjualan wholesales tahun 2011 sebanyak 139.544 unit.

“Pencapaian ini menjadi modal dan penyemangat kami untuk terus menjaga
kualitas dan meningkatkan pelayanan di tahun 2013 ini,” ujar Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra dalam pernyataan resmi, Senin (7/1/2013).

Xenia tetap menjadi penopang utama penjualan Daihatsu sepanjang tahun 2012. Xenia terjual sebanyak 73.418 unit atau 45 persen dari total penjualan wholesales Daihatsu.

Jumlah tersebut meningkat sebesar 10 persen dibandingkan dengan periode tahun lalu sebanyak 66.835 unit.

Sementara itu low commercial Daihatsu Gran Max menjadi andalan kedua, dengan mencatatkan penjualan sebesar 52.592 unit atau 32 persen dari total penjualan wholesales Daihatsu 2012. Penjualan Gran Max 2012 ini meningkat 29 persen dibandingkan pencapaian tahun 2011 sebanyak 40.764 unit.

Pada kelas medium SUV, kontribusi penjualan Daihatsu Terios mencapai 15 persen atau sebesar 23.949 unit pada tahun 2012. Angka ini meningkat 7 persen dibandingkan periode 2011 sebanyak 22.416 unit.

Selanjutnya Daihatsu Luxio, dengan kontribusi sebesar 4 persen dari total penjualan 2012 atau sebanyak 7.309 unit, yang berarti meningkat 10 persen
dibandingkan penjualan 2011 sebanyak 6.672 unit.

Sementara itu small city car All New Sirion meningkat 92 persen dibandingkan penjualan 2011 dari 2.857 unit menjadi 5.474 unit. Meskipun kontribusi pada penjualan total Daihatsu 2012 masih berkisar 3 persen.