Jakarta – Berbekal mobil sejuta umat, All New Xenia, Daihatsu berhasil memecahkan rekor penjualan bulanan di April silam. Di bulan ke empat 2012 itu Daihatsu berhasil memecahkan baik penjualan retail maupun wholesales.

Dalam rilis yang diterima detikOto, Jumat (4/5/2012) di bulan April silam Daihatsu berhasil memecahkan rekor penjualan retail (dari dealer ke konsumen) dengan mencatat penjualan sebesar 13.473 unit meningkat dari rekor penjualan retail sebelumnya, Maret 2012, sebesar 13.303 unit.

Dengan demikian penjualan retail Daihatsu empat bulan pertama 2012 mencapai angka 52.572 unit, dengan market share sebesar 15,6%. Angka penjualan ini meningkat sebesar 22% dibandingkan periode yang sama Januari-April 2011 sebesar 43.051 unit. Komposisi penjualan retail April 2012 ini mengalami peningkatan dari bulan sebelumnya.

Kontributor terbesar tetap ditempati oleh Daihatsu All New Xenia sebagai Low MPV dengan kontribusi sebesar 44% atau 5.881 unit. Kontributor kedua adalah Daihatsu Gran Max sebagai produk kelas low commercial menyumbang sebesar 4.430 unit atau sekitar 33%.

Di kelas medium SUV, Daihatsu Terios berhasil memberikan kontribusi sebesar 15% atau sebesar 2.053 unit, disusul Daihatsu Luxio dengan kontribusi sebesar 602 unit atau 4%. Pada kelas small city car, All New Sirion berhasil mencapai penjualan 507 unit atau sebesar 4% dari total penjualan Daihatsu April 2012.

Sementara itu untuk penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) di April 2012, Daihatsu juga membukukan rekor baru sebesar 13.659 unit, meningkat dari penjualan Maret 2012 sebesar 13.198 unit.

Dengan demikian maka penjualan wholesales Daihatsu Januari-April 2012 mencapai angka 53.758 unit dengan market share 15,9%. Angka ini berarti meningkat sebesar 31% dibandingkan periode yang sama 2011 sebesar 40.894 unit.

Daihatsu berhasil mencatatkan rekor baru penjualan retail dan wholesales pada bulan April ini. Ini merupakan sebuah prestasi tersendiri bagi Daihatsu di tahun 2012,” Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra dalam keterangan resmi yang detikOto dapatkan.

Xenia tetap menjadi andalan Daihatsu dengan kontribusi penjualan sebesar 44%. Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras dan kerja cerdas dari semua lini penjualan Daihatsu,” tuntasnya.