VIVAnewsMobil MPV (Multi Purpose Vehicle) bergaya Boxy (kotak) tengah digandrungi saat ini. Nah, bagi Anda yang ingin memiliki mobil tipe ini, tapi terbentur minimnya anggaran, Daihatsu Luxio layak dipertimbangkan.

Selain memiliki dimensi yang lapang untuk ukuran mobil keluarga serta tambahan fitur menarik, harga Luxio terjangkau, yakni Rp173,1 juta (On the Road Jakarta).

Guna mengetahui seperti apa keunggulan serta performa mobil tersebut, VIVAnews berkesempatan untuk menguji Luxio 1.5 tipe X transmisi manual.

Dari segi desain memang terlihat tidak terlalu istimewa dari mobil boxy lainnya. Tapi, soal fitur boleh diadu. Seperti aplikasi lampu kabut dan lampu HID yang membantu saat pengendaraan malam. Luxio juga sudah mengadopsi pintu geser (sliding door), artinya akses keluar masuk penumpang makin mudah.

Mobil ini memiliki panjang 4.165 mm, lebar 1.665 mm, tinggi 1.915 mm, serta jarak sumbu roda 2.650 mm. Dengan begitu, untuk ukuran dimensi mobil keluarga cukup lapang dan lega.

Beralih ke dalam kabin. Meski posisi duduk di ruang pengemudi layaknya pengemudi bus, tidak terlalu sulit untuk mencari posisi ideal. Tuas transmisi Luxio berada di bagian tengah dashboard, sehingga mudah dijangkau.

Di atasnya, terdapat head unit 2DIN, yang membuat Anda bisa leluasa memindahkan jari untuk mengoperasionalkan sistem hiburan.

Aura elegan terlihat pada bagian dashboard, karena telah mengusung aplikasi dua warna disertai imbuhan ornamen kayu. Panel instrumen juga mudah dibaca, termasuk indikator bensin yang sudah menggunakan sistem digital.

Khusus di bagian ruang kaki pengemudi dan penumpang depan, Anda harus melakukan sedikit penyesuaian ruang lantaran terkoresi di sudut kiri dan kanan, karena ada lekukan rumah roda. Tapi, celah itu tertutupi dengan desain lantai mobil yang rata di bagian tengah kabin depan.

Menariknya, di bagian kursi baris kedua telah mengadopsi model captian seat, sehingga memudahkan penumpang beraktivitas. Sementara itu, untuk baris ketiga model kursi standar dan menyatu.

Setiap kursi dilengkapi fitur sandaran tangan, serta pengaturan sandaran kursi. Tak ketinggalan diaplikasikan AC double blower, sehingga menambah kenyamanan di ruang penumpang di baris kedua dan ketiga.

Performa dan handling

Kinerja suspensi McPherson strut (roda depan) dan 5-link (roda belakang) bisa diandalkan untuk kontur jalan yang rusak sekalipun. Pedal gas pun diinjak, hingga jarum speedometer menyentuh 100 km/jam. Hasilnya, efek limbung mulai dirasakan dan deru suara ban mulai masuk ke dalam kabin.

Tapi, Anda harus ingat, ini mobil MPV yang memang dikhususkan untuk menciptakan kenyamanan berkendara bersama keluarga. Bukan untuk mereka yang doyan ngebut.

Untuk kondisi jalanan seperti Jakarta, performa Luxio terbilang mumpuni. Tapi, di jalur tanjakan, Anda harus sedikit bekerja ekstra menjaga momentum suplai tenaga mesin ke roda depan.

Sebab, di trak “stop and go”, Anda harus menahan jarum indikator pada putaran mesin 2.000 rpm pada posisi gigi satu, agar roda tetap mendapatkan traksi yang cukup.

Berakhir pada kesimpulan. Mobil ini memang cukup nyaman dengan harga terjangkau di kelasnya. Dari segi desain eksterior cenderung biasa saja, tapi kelegaan interior jadi pertimbangan kenyamanan sebuah mobil keluarga.

Sekadar informasi, penjualan Luxio terus mengalami kenaikan. Pada tahun lalu, mobil ini terserap pasar 7.309 unit, yang berarti meningkat 10 persen dibandingkan penjualan 2011 sebanyak 6.672 unit.