IVAnews – Kehadiran mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) terus ditunggu konsumen. Tiga perusahaan mobil asal Jepang bahkan sudah buka-bukaan dengan model mobil murah yang mereka akan jual.

Toyota dan Daihatsu–yang tergabung dalam Astra Grup, lebih dulu membuka selubung mobil murah mereka, yaitu si kembar Agya-Ayla pada September 2012.

Sedangkan Datsun (Nissan) baru akan memperkenalkan modelnya pada Juli 2013 mendatang. Meski begitu, mereka sudah sedikit membocorkan sosok mobilnya. Tipe hatchback bakal dipilih menjadi model pertama mobil murah Datsun.

Lantas dari ketiga mobil murah itu apa saja kelebihannya?

Daihatsu Ayla

Secara keseluruhan tampilan kembaran Toyota Agya ini tidak terlalu jauh berbeda. Daihatsu Ayla memiliki tiga varian, tipe D (terendah), M, dan X (tertinggi).

Pada tipe D, tidak disematkan CD player, velg alloy, AC, airbag dan spion elektrik. Rencananya tipe ini akan dibanderol sekitar Rp75 jutaan.

Untuk tipe M dan X telah dilengkapi transmisi manual dan otomatis. Yang pasti kedua tipe ini akan ada beberapa perbedaan, karena harga tipe M diperkirakan sekitar Rp80-90 juta, sedangkan tipe X sekitar Rp88-100 juta.