VIVAnews – Produsen mobil di Tanah Air terus berlomba-lomba menyodorkan model baru untuk bisa menggaet konsumen. Tapi hal itu justru tidak dilakukan oleh Astra Daihatsu Motor (ADM), yang notabene salah satu penguasa terbesar pasar otomotif.”ADM hanya akan meluncurkan satu model baru yaitu Ayla pada tahun ini. Ayla baru dijual setelah regulasi mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) diterbitkan pemerintah,” kata Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra di Jakarta, Rabu 10 April 2013.

Menurutnya, Daihatsu tidak khawatir pangsa pasarnya tergerus oleh kompetitor yang gencar merilis model baru. “Buat apa luncurkan model baru tapi kurang laku di pasar. Tapi, bukan berarti kami kekurangan model-model baru, di Jepang mobil sedan kecil kami banyak, tapi apa laku ke dijual di sini. Itu yang harus diperhitungkan,” kata Amelia.

Lebih lanjut, Amelia menyadari persaingan cukup ketat terjadi di pasar MPV (Multi Purpose Vehicle). Jagoan mereka Xenia harus berhadap dengan pemain baru seperti Ertiga dan Evalia. “Kehadiran model baru tidak membuat penjualan Xenia turun, kami tetap konstan menjual 6 ribu unit per bulan. Yang terjadi justru market MPV semakin bertambah, meski akhirnya market shared kami turun,” kata dia.

Meski tidak meluncurkan model baru, Daihatsu bakal melakukan penambahan fitur serta penyegaran desain pada line-up mobilnya.

“Untuk Xenia akan ditambah fitur keselamatan dan keamanan, seperti airbag dan rem ABS (Anti-lock Braking Sistem). Rencananya akan dilakukan pada semester pertama 2013,” kata dia.

Penyegaran desain juga akan dilakukan pada model yang menjadi penyumbang terbesar penjualan mereka, yaitu Terios. “Terios pasti akan kita segarkan penampilannya. Waktunya kapan, ditunggu saja,” ujarnya.

Amelia menambahkan, Terios memang harus waspada dengan kehadiran model anyar dari kompetitor.

Sepinya model pesaing dari kompetitor membuat Terios dan saudara kembarnya Rush bisa bermain cukup leluasa di kelasnya. Tahun ini, rencananya akan ada model baru, yaitu Honda SUV Urban dan Ford EcoSport yang siap menjegal laju Terios.