Jakarta, KompasOtomotif PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berharap bisa mengejar target pangsa pasar wholesale 15 persen pada 2013, naik dari tahun lalu 14,6 persen (162.742 unit). Untuk merealisasikannya, Daihatsu berharap dari Ayla. Sementara pada kuartal pertama tahun ini, penjualan Daihatsu baru 42.197 unit atau kebagian 14,2 persen. “Pangsa kami turun karena Ayla belum dipasarkan. Kalau sudah, akan menjadi 15 persen,” kelakar Sudirman MR, Presiden Direktur ADM kemarin (10/4/2013).

Sementara itu, Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra menambahkan, menurunnya pangsa Daihatsu karena persaingan di segmen MPB bawah semakin ketat. Suzuki Ertiga dan Nissan Evalia memperbesar volume pasar sekaligus mengurangi pangsa Xenia dan Avanza.

“Pasarnya berkembang, bukan penjualan turun! Setiap bulan penjualan Xenia masih berkisar 6.000-an unit. Avanza masih sama dengan tahun lalu. Karena pasar membesar, pangsa kami jadi berkurang. Wajar saja!,” beber Amelia. Kendati demikian, Daihatsu akan berupaya untuk tetap bertengger di peringkat kedua di Indonesia.

Ditambahkan, Daihatsu, sudah tidak bisa lagi menambah kapasitas produksi meski permintaan terus naik. Pabrik sudah bekerja 2-shift, plus lembur di akhir pekan.

“Kapasitas produksi kami memang sudah mentok. Pabrik baru baru sedikit yang bisa dimanfaatkan. Sisanya untuk  Ayla-Agya yang belum juga nongol,”   omentar Agus Wiryatno, Production Divison Head SAP ADM.