Jakarta,detikoto.comPemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk mendorong adanya mobil murah dan ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC). Saat ini sudah ada dua produsen mobil yang sudah siap memproduksi LCGC.

Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT) Kementerian Perindustrian Budi Darmadi mengungkap sudah ada dua produsen yang siap untuk produksi mobil murah, antaralain Toyota dan Daihatsu.

“Sudah ada dua produsen mobil yang sudah siap produksi Low Cost Green Car. Produsennya Toyota dan Daihatsu, karena mereka sudah punya pabrik di Indonesia,” katanya ketika ditemui di Kantor Pusat PT PLN, Kamis (13/6/2013).

Menurut Budi, selebihnya masih banyak produsen mobil di Indonesia belum siap memproduksi mobil LCGC. “Tapi masih banyak produsen yang belum siap. Jadi kalau ditanya kapan mobil murah bisa diproduksi segera dan beredar di masyarakat, ya tanya ke produsen yang sudah siap produksi (Toyota dan Daihatsu) kan mereka yang buat,” tandas Budi.

Budi pernah menuturkan beberapa merek otomotif yang secara resmi sudah menyatakan kesiapan untuk mengembangkan LCGC ini antara lain Daihatsu dan Toyota dengan target produksi LCGC sekitar 55 ribu unit per tahun.

Sedangkan merek lain yang menyatakan berminat antara lain Honda, Suzuki, dan Nissan. Kalau kelima produsen itu misalnya menghasilkan 50 ribu unit LCGC, maka produksi total kelimanya bisa mencapai 250 ribu unit per tahun. Namun itu tergantung kapasitas produksi masing-masing produsen. Bahkan, jika permintaan LCGC nanti tinggi, bisa mencapai 300 ribu sampai 600 ribu unit per tahun.