Sumber: otosia.com PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengaku akan menyempurnakan tampilan dan penambahan fitur baru pada Terios. Walaupun diisukan tidak berapa lama lagi, soal waktunya kapan, ADM masih enggan berkomentar lebih jauh.

“Terios pasti akan kami segarkan penampilannya. Waktunya, tinggal tunggu saja,” kata Rio Sanggau, Domestic Marketing Division Head ADM di sela-sela buka puasa bersama media di Jakarta belum lama berselang.

Perubahan lebih jauh pada Terios masih menjadi tanda tanya. Apakah tampilan eksterior dan fitur-fitur interiornya banyak perubahan, atau sekadar minor change. Akan tetapi santer diberitakan Daihatsu bakal melengkapi Terios dengan kantong udara (airbag) sebagai fitur keselamatan wajib di mobil-mobilnya.

Kendati tidak menyebut nama mobil, secara tidak langsung Daihatsu pernah menyatakan setelah Xenia ada tipe-tipe lain yang akan dilengkapi airbag. Apalagi Daihatsu mengaku akan memasangkan kantong udara sebagai fitur keselamatan wajib di produk-produknya. Ini juga mengindikasikan Terios sebagai salah satunya. “Belum ada rencana (Terios airbag) diluncurkan dalam waktu dekat,” sanggah Rio.

Produk ini dilahirkan pada tahun 2007 silam. Sejak disempurnakan tahun 2009, hingga kini nyaris tidak ada perubahan pada penampilan Terios, baik dari sisi interior, eksterior maupun penambahan fitur baru.

Daihatsu dan Toyota nampaknya masih asyik membiarkan Terios dan Rush tanpa polesan baru. Nyaris Terios dan Rush melenggang sendirian tanpa pesaing di kelasnya. Setelah muncul calon-calon penantang kuat yang siap menjegal keduanya, Daihatsu dan Toyota pun berencana melengkapi dan memperbaiki tampilan keduanya.

Ada sejumlah nama yang siap menghadang laju Terios-Rush, yakni Ford EcoSport, Chevrolet Trax, dan Honda SUV Urban.

“Sejauh ini kami bisa jual Terios sekitar di atas 2.000 unit, dan ini masih akan kita pertahankan, karena juga tidak banyak merek yang bermain di segmen mini SUV,” terang Rio.

Dari total penjualan whole sales Daihatsu selama 6 bulan pertama 2013, Terios mencapai 13.172 unit atau 14,89 persen. Sementara retail di periode yang sama Terios terjual 13.114 unit atau 15,14 persen.

Terios dimodali mesin seperti yang juga dibenamkan pada Rush, berkode 3SZ-VE DOHC VVT-i berpendingin air dengan kapasitas mesin 1.495 cc (atau 1.500 cc). Terios terdiri dari dua varian, yakni TS dan TX dengan masing-masing tersedia dalam pilihan transmisi matic dan manual.

Soal perbedaan varian, Terios TX hadir sebagai SUV yang lebih panjang dibanding TS dengan ukuran 4.425 cm. Sementara untuk ukuran TS sendiri adalah 4.385 cm.