Bocoran awal yang menjadi penerang sudah disampaikan bahwa harga maksimal mobil murah LCGC berada pada kisaran Rp 95 Juta. Informasi lebih jauh menunjukkan bahwa harga di bawah itu bisa berada pada kisaran Rp 85 juta. Namun harga ini sekiranya masih akan berstatus off-the road alias belum terhitung sejumlah pajak.

Namun pengesahan peraturan hingga akhirnya mobil murah seperti Agya-Ayla, dan Wagon R dari Suzuki atau Brio via Honda bisa dijual masih belum dilakukan hingga beberapa minggu menjelang Lebaran ini.

Ditanya mengenai kapan mobil murahnya akan keluar, pihak Suzuki Indonesia mengatakan bahwa mereka menunggu peraturan, dan peraturan itu sebenarnya tinggal di tahap Dirjen.

Daihatsu Ayla

“Mungkin sudah pada tahu, PP sudah keluar, peraturam presiden; peraturan menteri sudah keluar; tapi sekarang sedang digodok di tingkat dirjen. Kenapa? Kalau peraturan dari dirjen sudah keluar, enggak ada lagi yang bisa klaim,” ucap Endro Nugroho, Direktur Marketing dan Pengembangan Dealer 4W Suzuki Indomobil Sales.

Pasar mobil Tanah Air sebentar lagi memang bersiap menyambut deretan mobil murah LCGC hasil rakitan lokal dengan suku cadang yang dibuat secara lokal pula. Sebut saja produk dari Toyota-Daihatsu lewat Agya dan Ayla yang sudah

lebih dulu terealisasi, diikuti dengan rencana terhadap Honda Brio dan juga Suzuki lewat Wagon R. Namun kata “sebentar lagi” yang terus didengungkan setidaknya sudah lewat nyaris setahun dari yang direncanakan, yakni menjelang akhir 2012

Sumber: Otosia.com