Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 akan berlangsung pada tanggal 19-29 September 2013 di JIExpo Kemayoran Jakarta. IIMS 2013 akan mengusung tema “Smart Vehicle Mobility“, yang menekankan pentingnya efisiensi BBM dan pengurangan emisi gas buang berlebih.

Tema yang diusung IIMS 2013 mendapat dukungan penuh dari para agen pemegang merek (APM) yang jadi peserta pameran. Hal ini bisa dilihat dari berbagai teknologi yang mereka usung serta tema booth tiap APM yang merupakan turunan dari tema besar IIMS tahun ini.

Yang cukup menyita perhatian selain teknologi hijau, ada beberapa APM juga bakal menampilkan mobil murah ramah lingkungan. Termasuk juga penampilan perdana dari beberapa mobil baru.

Misalnya, Daihatsu hadir dengan tema ‘Compact ECO Mobility Best Friend’ yang berarti Daihatsu adalah ‘Sahabat Sejati Gaya Hidup Hijau, Hemat dan Kompak’. Daihatsu akan mendatangkan mobil konsep sebagai ajang edukasi sekaligus memperkenalkan inisiatif-inisiatif Daihatsu dalam mendukung gaya hidup Compact & ECO.

Daihatsu Ayla

Tidak tanggung-tanggung, pada IIMS 2013 besok Daihatsu akan menampilkan total 16 unit yang diantaranya merupakan kemunculan perdananya di dunia otomotif. Termasuk 5 unit Concept Car, yang diantaranya adalah Ayla World.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada gelaran IIMS tahun ini akan dimeriahkan oleh beberapa brand baru yang mengusung teknologi otomotif terbaru andalan mereka. Nama-nama baru yang akan menyapa pengunjung setia IIMS adalah merek global asal Jepang Datsun serta pabrikan asal Perancis, Renault yang merupakan pendatang baru di kancah otomotif tanah air.

Merek lain yang juga baru pertama kali berpartisipasi di IIMS adalah Land Rover. Merk ini akan hadir bersama dengan brand premium lainnya, Jaguar yang setelah absen beberapa waktu.

“Kehadiran mereka memperkaya industri otomotif nasional melalui berbagai teknologi yang mereka miliki. Hal ini tentunya menjadi nilai positif baik bagi pameran ini maupun industri otomotif kita,” ujar Johnny Darmawan, Ketua Penyelenggara IIMS 2013.

Pameran IIMS 2013 juga akan diikuti oleh berbagai brand passenger cars seperti Audi, BMW, Chevrolet, Chrysler, Dodge, Daihatsu, Ford, Honda, Hyundai, Jeep, KIA, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Peugeot, Smart, Subaru, Suzuki, Tata Motors, Toyota, dan VW. Sementara dari commercial vehicles brand-brand yang akan hadir adalah Dyna, FAW, Foton, Fuso, Hino, Isuzu, MAN Trucks, Tata Motors, dan UD Trucks.

Sumber: Otosia.com